Minggu, 25 Januari 2015

SUKABUMI ANGKAT BATIK LOKAT MALA SEBAGI IKON CIRI KHASNYA


Berbicara tentang batik, batik merupakan salah satu warisan budaya asli indonesia. Kerajinan batik di indonesia telah di kenal sejak jaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang hingga sekarang. Dengan meluasnya kesenian batik menjadi milik rakyat indonesia, khususnya suku jawa. Seperti yang kita ketahui hampir sebagian besar daerah yang dikenal dengan pengrajin batik terbesar di indonesia pada saat ini adalah kota Yogyakarta, Madura dan Solo. Namun ternyata kali ini ada yang berbeda, Sukabumi yang merupakan salah satu Kota kecil dijawa barat ini ternyata juga memiliki Batik tersendiri dengan ciri khas yang dimilikinya. 

Lokatmala salah satunya, yang berada di Jalan Sriwidari No. 95 Kota Sukabumi tak hanya sebagai tempat proses pembuatan dan pemasaran Batik disana juga terdapat pelatihan untuk mencanting batik, jadi untuk warga sukabumi yang ingin mahir dalam bidang membatik bisa mengikuti pelatihan ini. Ciri Khas Batik Lokatmala melekat sekali dengan berbagai kebudayaan yang ada disukabumi, Seperti batik dengan Motif Kujang geulis yang mencerminkan sosok wanita tangguh, lalu ada juga batik dengan motif kendi dan beberapa motif lainya yang menjadi ciri khas.

Wanita yang akrab disapa Fonna Melania ini adalah pencetus pertama pembuatan batik di Kota Sukabumi yang saat ini menjadi Ketua dari UKM pengrajin batik Se-Sukabumi. Walau Lokatmala sudah berdiri sejak 2008 yang lalu, tetapi ada beberapa warga sukabumi yang belum mengetahuinya. Maka dari itu Pemerintah Daerah Kota Sukabumi cukup antusias untuk mendorong animo masyarakat menggunakan batik asli Sukabumi ini. Semoga untuk kedepanya Batik Lokatmala dengan ciri khas sukabumi ini bisa lebih dikenal di kalangan masyarakat sukabumi dan juga luar sukabumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar