Minggu, 25 Januari 2015

KULINER KEHANGATAN SELEMBUT BUBUR SUMSUM


Bubur sumsum merupakan salah satu makanan tradisional khas dari Jawa yang dibuat dari tepung beras dan biasa disajikan dengan kuah yang berasal dari gula merah. Biasanya dalam penyajian bubur sumsum ini tidak menggunakan santan, namun ada beberapa juga yang menggunakan santan, sesuai selera tentunya. Bubur sumsum ini juga banyak digemari orang tidak hanya anak kecil saja, orang dewasa pun juga tak sedikit yang menyukainya. Hal tersebut dikarenakan bubur sumsum mempunyai tekstur yang sangat lembut dan sangat enak juga lezat saat dimakan. Biasanya bubur sumsum ini banyak di konsumsi ketika bulan ramadhan sebagai santapan buka puasa (takjil). Apalagi sangat cocok untuk dikonsumsi saat cuaca dingin ataupun musim penghujan seperti sekarang ini. Cara membuat bubur susum sederhana ini tidaklah sulit. Selain itu bahan yang dipakai untuk membuat bubur sumsum pun juga sangatlah mudah di dapatkan seperti: tepung beras, santan, garam, air, daun pandan, dan gula merah. Tidak hanya itu saja, dalam proses pembuatan bubur sumsum ini hanya sebentar tidak memakan waktu lama. Berikut cara pembuatannya :
1. Campurkan sebagian santan, garam dan tepung beras, aduk. Kemudian Sisihkan 
2. Didihkan sisa santan dengan lembaran daun pandan menggunakan api sedang, aduk-aduk. Kemudian, tuang campuran tepung yang dibuat sebelumnya aduk hingga matang dan mengental.
3. Campur seluruh bahan kuah gula seperti : air, gula merah dan sedikit daun pandan kemudian rebus hingga mengental lalu saring.
4. Sajikan bubur sumsum dengan siraman saus gula merah.

Nah, setelah kita melihat langkah-langkah pembuatan diatas tentu sangatlah sederhana, mudah dan tidak memakan waktu lama. Bagi teman-teman yang ingin mencoba membuat bubur sumsum sendiri didapur kesayangan anda, silahkan untuk memakai resep yang kami paparkan diatas. Selamat mencoba....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar